Pemuda Muhammadiyah Harus Menjadi Pelaku Utama Kemajuan

Posted: 5 Mei 2016 in Umum

20160508_211938Bagi Pemuda Muhammadiyah Gerakan Islam Berkemajuan bukan sekedar wacana dalam bingkai konseptual dan retorika. Sebagai bagian tak terpisahkan dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), secara subtansial Pemuda muhammadiyah akan merevitalisasi gerakan tajdid (pembaharuan) sebagai bagian implementasi misi persyarikatan Muhammadiyah dalam bentuk Gerakan Islam Berkemajuan. Demikian diungkapkan H. Imam Yudhianto Soetopo, SH, SE, MM sesaat setelah terpilih sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah magetan pada Musyawarah Daerah XV Pemuda Muhammadiyah Magetan.

“Tujuannya jelas, yaitu bagaimana Pemuda muhammadiyah dapat merealisasi sebuah format kegiatan yang visioner dan mencerahkan di berbagai bidang pembangunan. Utamanya di bidang pembangunan Aqidah dan Akhlaq, bidang pembangunan Ekonomi, Pendidikan, Sosial, dan Politik.”, terangnya.

Saat ini, kata Imam, kita menghadapi tantangan pergeseran nilai-nilai akibat dari pasar bebas yang membebaskan nilai-nilai apapun masuk ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Era keterbukaan dalam segala hal, pada sektor ekonomi, politik dan nilai-nilai memunculkan era kompetisi yang tak terelakkan. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Pemuda Muhammadiyah harus mampu menghadapi kompetisi global di tingkat lokal dengan kekuatan-kekuatan yang dimilikinya. Imam menjelaskan, “Dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini, kader pemuda muhammadiyah setidaknya harus memiliki empat kekuatan. Yakni, kekuatan ilmu pengetahuan, kekuatan ekonomi, kekuatan agama dan kekuatan persatuan”, ujar Imam.

Segudang persoalan bangsa memerlukan partisipasi seluruh elemen bangsa. Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi generasi muda Islam, memiliki tugas untuk mencurahkan segala kekuatan yang ada untuk kepentingan-kepentingan ummat dan kebangsaan secara makro. Pemuda Muhammadiyah tidak sepatutnya terjebak kepada agenda-agenda rutin internal konvensional, tetapi juga lebih berperan dalam berbagai urusan publik seperti persoalan Penegaan Hukum, Advokasi HAM, jender, demokratisasi dan globalisasi.

“Dengan potensi yang ada, Pemuda Muhammadiyah dapat memainkan peran yang lebih besar, misalnya dalam menciptakan good governance di negeri ini”. Tambahnya

Diungkapkan Imam, dalam konteks kehidupan Indonesia secara regoinal dan lokal masih banyak hal-hal yang harus diubah dan didorong menuju kehidupan bangsa yang berkemajuan. Pemuda Muhammadiyah perlu terus mendorong dan bergerak memajukan bangsa Indonesia itu sebagai bentuk tanggungjawab keislaman dan kebangsaan. Jika umat Islam di negeri ini ingin kokoh keberadaan dan peranannya dalam kehidupan bangsa dan negara maka elemen gerakan anak muda seperti Pemuda Muhammadiyah harus menjadi pelaku utama bagi kemajuan Indonesia. Siapa lagi yang akan bertanggungjawab terhadap negeri yang mayoritas penduduknya Muslim ini jika tidak kekuatan-kekuatan Islam sendiri.

“Jadilah penentu kemajuan Indonesia agar tidak ditentukan oleh pihak lain. Pemuda Muhammadiyah Magetan telah berkomitmen untuk ikut memelopori gerakan Generasi Muda Indonesia Berkemajuan bagi masa depan bangsa dan negara tercinta ini”. pungkasnya. 

 Dikutip dari media cetak : Magetan Post no.727, TH.XV, 05-11 Mei 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s